FixYa telah menyelenggarakan survei layanan cloud storage
populer yaitu Dropbox, Google Drive, SugarSync, iCloud dan Box. Survei yang melibatkan pengunjung FixYa.com
telah berhasil menggaet beberapa ribu responden – tidak disebutkan jumlah
pastinya.
Selain menampilkan hasil survai, FixYa juga memberikan
solusi untuk masalah yang dikeluhkan responden untuk masing-masing layanan cloud storage.
Berikut ringkasan hasil surveinya.
Dropbox
Dropbox baru-baru ini mengklaim memiliki 100 juta pengguna. Setiap harinya satu miliar file disimpan di
layanan cloud storage yang populer ini. Dropbox mendukung sistem operasi Windows, OS X,
Linux, Blackberry, Android, dan iOS.
Sorotan sebagian besar responden untuk layanan Dropbox adalah
pada isu sekuriti (40%), termasuk juga terbatasnya ruang penyimpanan (25%),
sinkronisasi file (15%), respon yang tak lancar (10%), dan lainnya (10%).
Google Drive
Google Drive dirilis tahun lalu sebagai pengembangan layanan
Google Docs. Keluhan untuk layanan ini bukan lagi pada isu sekuriti seperti pada
Dropbox, tetapi lebih ada penggunaannya.
Hilangnya folder menjadi
keluhan sebagian besar responden (30%). Sinkronisasi file juga masih
dipermasalahkan oleh 20% responden.
Keluhan lainnya meliputi konversi otomatis ke Google Docs
(20%), terjadinya error yang tidak diketahui (20%), dan lainnya (10%).
SugarSync
SugarSync merupakan layanan cloud storage yang kaya feature.
Sebagian besar responden (30%) mengeluhkan absennya aplikasi Quickbooks –
software akuntansi. Dengan tiadanya dukungan untuk aplikasi ini, SugarSync
tidak dapat “dijual” kepada pengelola keuangan perusahaan.
Keluhan responden lainnya (30%) adalah pada mahalnya “sewa” ruang
penyimpanan. Biaya sewa lebih mahal dibandingkan dengan layanan
sejenis lainnya.
Masalah lainnya yang berkaitan dengan sinkronisasi file yang dikeluhkan
oleh 15% responden, sementara itu 15% responden lainnya menyoroti masalah yang
berkitan dengan sinkronisasi file iTunes. Sisanya, 15%, mengeluhkan masalah
lainnya.
iCloud
Sebagian besar responden (35%) mengeluhkan layanan Apple iCloud berkaitan dengan masalah yang terjadi bila diakses dari OS X
Mountain Lion. Masalah itu muncul misalnya ketika mendaftar (sign-up) pada
layanan ini, sinkronisasi aplikasi Notes di antara peranti, atau backup
file-file.
Selain itu 25% responden mengeluhkan ketidak-mampuannya melakukan sinkronisasi file dengan perangkat non-Apple. Sementara itu 15% lainnya
mengeluhkan sinkronisasi antarperanti secara umum; 15% lainnya lagi mengeluhkan
kapasitas penyimpanan; dan 10% untuk masalah lain-lain.
Box
Layanan yang populer di kalangan bisnis kecil ini disoroti oleh
25% responden karena masalah sekuriti,
dan 25% responden lainnya mengeluhkan proses upload. Keluhan sekuriti berasal
dari layanan personalnya yang gratis, bukan pada akun untuk bisnis.
Isu backup file dikeluhkan oleh 20% responden, sementara itu
20% lainnya mengeluhkan respons yang kurang mulus untuk aplikasi Web, dan
10%-nya mengeluhkan masalah lainnya.
0 comments:
Post a Comment
terimakasih